Categories
Berita

Program Studi Teknik Pangan FTI Tampilkan Hasil Karya Penelitian dalam Acara “FoodEx 2019”

Jatinangor.itb.ac.id – (Senin, 25/11/2019)

Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Industri kembali menggelar Pameran Produksi Makanan dengan Tema “Foodex 2019”.  Pelaksana kegiatan ini adalah Para Mahasiswa Program Studi Teknik Pangan Angkatan 2016.  Foodex 2019 bertempat di Laboratorium Kayu ITB Kampus Jatinangor pada Hari Senin 25 November 2019.

Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati menyampaikan sambutannya sebagai panitia Foodex 2019. Sebelumnya beliau bercerita tentang keadaan laboratorium kayu yang semula untuk penelitian kayu  prodi kehutanan. Seiringnya waktu sedikit demi sedikit dirubah fungsinya menjadi laboratorium Prodi Teknik Pangan.

Di samping itu Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati menyampaikan hasil penelitiannya yang mengubah singkong menjadi tepung singkong. Tepung singkong ini bisa menggantikan tepung terigu, yang bisa dimanfaatkan untuk aneka gorengan, aneka kue, makanan seperti Pizza dll. Produk semua olahan yang berasal dari tepung terigu dapat digantikan dengan tepung singkong.

Tepung singkong tersebut telah dibuktikan oleh para mahasiswa yang mengolah menjadi makanan. Hasilnya sangat enak. Tidak terasa lagi bahan yang dimasak yang berasal singkong dan hasilnya tidak terasa lagi rasa/bau singkongnya.

Foodex 2019 dibuka oleh Ketua Program Studi yaitu Ir. Ronny Purwadi, M.T., Ph.D. dalam sambutanya disampaikan pameran ini diselenggarakan kali kedua. Kali pertama diselenggrakan pada tahun 2018 untuk mahasiswa Teknik Pangan angkatan 2015 dan kali kedua diselenggatakan pada tahun 2019 untuk mahasiswa angkatan 2016. Pameran makanan ini diselenggarakan oleh mahasiswa sebelum mahasiswa di wisuda. Mahasiswa teknik pangan sebagian besar lulus tepat waktu. Teknik Pangan mendidik mahasiswa untuk mencari bahan baku dan memproduksinya secara massal.

Foodex 2019 dihadiri oleh para kasie di lingkungan ITB Kampus Jatinangor, para mahasiswa dan segenap civitas akademika. Foodex 2019 diisi dengan olahan makanan hasil karya mahasiswa. Para tamu undangan dipersilakan mencicipi makanan hasil karya mahasiswa. Kurang lebih ada 18 stand di dalam acara Foodex 2019. Foodex 2019 menyelenggarakan juga demo pembuatan Pizza dan demo pembuatan Cookies. Bahan utama pembuatan olahan makanan didapat dari hasil karya mahasiswa yang berasal dari tepung singkong yang telah difermentasi.

Menu olahan yang telah dibuat adalah Shinigiri, Gulatin Free Marsmellow, 3Eats, GlufPiz,3Jo Pough, Natrual Flour, Ferkuy dll. Acara cukup meriah.

Foto Dokumentasi oleh : Andri Sugilar

Comments are closed.