Capaian Pembelajaran Lulusan
- Kemampuan mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan masalah rekayasa kompleks dengan menerapkan pengetahuan matematika, pengetahuan sains, dan pengetahuan rekayasa.
- Kemampuan merancang sistem komponen atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang dihadapkan pada kendala-kendala nyata dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial.
- Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak.
- Kemampuan untuk menyadari tanggungjawab profesional dan etik dalam mengatasi permasalahan kerekayaan dan membuat keputusan berdasarkan informasi, dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial.
- Kemampuan untuk berperan secara efektif dalam kelompok, di mana para anggota bersama-sama membentuk kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, meletakkan tujuan, merencanakan tugas, serta mencapai sasaran.
- Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen, menganalisis dan menginterpretasikan data, serta menggunakan pertimbangan teknis untuk membuat kesimpulan.
- Kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan pengetahuan baru sesuai keperluan dengan strategi belajar yang tepat, termasuk untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pemrosesan pangan, khususnya sumber daya lokal Indonesia.
Keterkaitan Capaian Lulusan dan Profil Profesional Mandiri
No. |
CPL |
PPM | ||
Profil-1 | Profil-2 | Profil-3 | ||
1 | Kemampuan mengidentifikasi, memformulasikan dan menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks dengan menerapkan pengetahuan matematika, pengetahuan sains dan pengetahuan rekayasa. | XX | ||
2 | Kemampuan merancang sistem, komponen atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang dihadapkan pada kendala-kendala nyata dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial. | XX | ||
3 | Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak. | XX | ||
4 | Kemampuan untuk menyadari tanggung jawab profesional dan etik dalam mengatasi permasalahan kerekayaan dan membuat keputusan berdasarkan informasi, dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial. | XX | ||
5 | Kemampuan untuk berperan secara efektif dalam kelompok, dimana para anggota bersama-sama membentuk kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, meletakkan tujuan, merencanakan tugas serta mencapai sasaran. | XX | ||
6 | Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen, menganalisis dan menginterpretasi data, serta menggunakan pertimbangan teknis untuk membuat kesimpulan. | X | X | |
7 | Kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan pengetahuan baru sesuai keperluan dengan strategi belajar yang tepat, termasuk untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pemrosesan pangan, khususnya sumber daya lokal Indonesia | XX | X |
Catatan: XX = sangat terkait, X = terkait