Categories
Berita Kuliah Tamu

Kuliah Tamu “Manajemen Produksi dan Proyek dalam Industri Makanan/Minuman”

Untuk memberikan gambaran nyata mengenai dunia kerja, Program Studi Teknik Pangan ITB kembali mengadakan kuliah tamu dengan narasumber Atika Salma, S.T., alumnus Teknik Kimia ITB angkatan 2010. Beliau adalah Export Project Manager di Danone Indonesia. Kuliah tamu dengan tajuk “Manajemen Produksi dan Proyek dalam Industri Makanan/Minuman” ini dilangsungkan secara daring pada Jumat, 30 April 2021 pk 13.00-16.00 WIB.

Dalam industri pangan, manajemen produksi sangatlah penting agar proses produksi dapat berjalan efisien. Misalnya, perusahaan perlu melakukan kalkulasi dan prediksi jumlah permintaan produk dengan baik. Jika terjadi kesalahan dalam prediksi ini, industri tersebut dapat mengalami kekurangan persediaan bahan baku, ataupun kelebihan bahan baku dan produk sehingga terjadi kerugian karena usia simpan bahan baku dan produk pangan terbatas.

Industri pangan dalam keberjalanannya juga senantiasa berusaha untuk berkembang sehingga seringkali memiliki proyek, baik itu proyek pengembangan produk ataupun pembangunan fasilitas produksi baru. Oleh karena itu, ilmu manajemen proyek sangatlah penting untuk menangani proyek-proyek ini. “Ilmu manajemen proyek itu adalah seni tersendiri,” ungkap Atika. Hal ini disebabkan dalam proyek umumnya terdapat banyak pemangku kepentingan (stakeholder) serta melibatkan tim pelaksana yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Untuk menilai keberhasilan sebuah proyek, secara umum terdapat tiga aspek yang harus dipenuhi, yaitu waktu sesuai jadwal dan secepat mungkin, biaya semurah mungkin, dan kualitas sebaik mungkin. Keberjalanan proyek seringkali mengalami pengulangan dan hal yang tidak terduga sehingga proyek menjadi sangat dinamis dan memerlukan seni khusus untuk mengatasinya.

Kuliah tamu diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta kuliah yang antusias menanyakan seputar pengalaman kerja. Prof. Yazid Bindar, sebagai pengampu kuliah dam moderator acara ini lantas menyampaikan apresiasi prodi dalam bentuk sertifikat. Program Studi Teknik Pangan ITB mengucapkan terima kasih kepada Atika atas waktu yang telah disediakan untuk berbagi pengalaman kepada para mahasiswa.